CARA MEMBUAT LOGO iM3 MENGGUNAKAN CORELDRAW

Hallo sahabat kepingandesain...


CorelDRAW adalah aplikasi design grafis yang digunakan untuk membuat berbagai macam design seperti logo, kartu nama, kalender, poster, stiker dan lain-lain yang terkenal dalam dunia digital. .
Langkah awal untuk memulai CorelDRAW adalah
1. Klik Start —- All Program —- CorelDRAW —- CorelDRAW
2. Klik New Grapihic —- tunggu beberapa saat, sehingga muncul tampilan sebagai berikut :
3. Penjelasan tentang tampilan diatas
Pada CorelDRAW terdapat :
TITLE BAR
Memberi informasi tentang nama file dan aplikasi yang sedang dibuka. Pada ujung pojok kanan atas terdapat tombol Maximize Button untuk membuat tampilan CorelDRAW satu layar penuh, Minimize button untuk meletakkan program pada Taskbar menu, sedangkan Close button untuk mengakhiri program.
MENU BAR
Menu Bar adalah barisan menu yang terdiri dari File, Edit, Layout, Type, Element, Utilities, View, Window dan Help. Semua perintah-perintah terdapat pada menu menu tersebut.
STANDARD TOOL BAR
Perintah – perintah yang sering digunakan dapat juga diakses melalui Standard Tool Bar. Pada Standard Tool Bar terdapat icon – icon perintah yang sering kita gunakan, misalnya untuk membuat file baru, membuka file, menyimpan, mencetak dan sebagainya. Hanya dengan klik sekali pada icon yang dimaksud maka perintah akan langsung dijalankan oleh CorelDraw.
PROPERTY BAR
Property Bar merupakan baris perintah yang unik, karena tampilannya akan selalu berubah dan perintah-perintah yang ada didalamnya akan menyesuaikan dengan icon yang sedang aktif pada tool Box. Misalnya tool Box sedang aktif pada Zoom Tool, maka akan memunculkan property dari Zoom tool, demikian juga dengan tooltool yang lain. Disini kita akan dapat lebih cepat dalam mengakses perintah-perintah yang berhubungan dengan tool yang sedang aktif.
RULER
Berfungsi untuk membantu kita dalam membuat desain dengan ukuran yang tepat. karena terdapat mistar horizontal dengan satuan ukuran yang dapat kita ubah sewaktu-waktu.
PRINTABLE AREA
Merupakan area dimana desain kita diletakkan untuk dicetak. Untuk mendesain kita boleh di luar printable area, namun ketika akan dicetak maka harus dimasukkan ke printable area tersebut.
COLOR PALETTE
Warna merupakan unsur penting dalam sebuah desain grafis. CorelDRAW memberikan berbagai kemudahan untuk mengakses dan memilih berbagai model warna. Kita dapat mengakses tool-tool warna melalui on-screen color palette, Color dialog box, maupun Color Roll-upuntuk memilih warna isi, outline, kertas dan lain-lain. Namun langkah yang tercepat untuk mengakses warna adalah melalui On-screen color palette yan gtesedia di sebelah kanan window.
TOOL BOX
Merupakan barisan icon yang menyimpan berbagai macam perintah untuk pembuatan obyek dasar, editing obyek, efek-efek interaktif dan lain lain.
STATUS BAR
Memberikan informasi tentang operasi yang sedang dilakukan, koordinat posisi mouse berada dan juga informasi tentang warna pada obyek yang sedang diaktifkan, baik warna fill maupun outline. Yang perlu diperhatikan pada setiap bagian window CorelDRAW adalah, kita dapat mengakses suatu perintah melalui berbagai cara yang kita sukai. Misalnya untuk membuat file baru, dapat memalui menu bar, tool bar, maupun menggunakan perintah Short Cut.
TOOL BOX

Tool Box merupakan sarana utama pada CorelDRAW. Tool Box menyimpan berbagai perintah perintah untuk membuat obyek dasar, editing obyek, memberikan efek-efek interaktif dan lain-lain.

Kita jumpa lagi di tutorial seru !!
pernahkah kamu liat logo sebuah produk, sebut saja im3 misalnya.. logo ini terkesan sangt sederhana namun terlihat bagus.
pernah gak kalian kepikiran gimana cara desainnya atau cara buatnya?
apa gak pernah?
pernah tapi gak bisa?
pernah tapi males ribet?

http://kepingandesain.blogspot.com/2015/05/tutorial-cara-membuat-logo-im3.html


no no no !!!
ini sangatlah gampang buatnya...

Mari sobat simak langkah-langkahnya seperti dibawah ini:
1. Siapkan PC / LAPTOP yang telah terinstall CorelDraw (versi berapapun bisa)
2. Siapkan waktu
3. siapkan makanan dan minuman jka perlu hehehe
4. Handuk takut keringetan
5. EKSEKUSI

Ok sobat langsung saja yang pertama buka aplikasi CorelDraw kalian


Kalau sudah terbuka buatlah sebuah kotak persegi panjang sebanyak seprti dibawah ini:


Next step.. gabungkan/dempetkan wkwkwkwk kotak-kotak tersebut sehingga membentuk seperti ini:


Lalu kalau sudah seperti itu blok yang kayak huruf M dan E kebalik itu dan tekan WELD... sehingga kedua objeknya akan menyatu seperti ini:


Nah udah mulai keliatan kan? hehehe selanjutnya kasih warna ya sobat..
kalo M sama 3 nya masih ngegabung klik kanan di objeknya lalu pilih Brek Kurva Appart (ctrl + K)



Widihhhh dah mau jadi nih.. selanjutnya blok semua objeknya lalu agak dimiringkan seperti ini:


Nah jadi dehhh....tinggal tekn ctrl + e trus simpen... TARAAAAA jadi kan.. gampang banget


Nah gimana?
gampang banget kan?

ok deh sekian dulu tutorial kali ini, jumpa lagi di sesi beriktnya hehehe
salam kepinganilmu !!

Silahkan berkomentar dengan sopan, komentar yang menurut admin tidak sesuai akan dihapus, dan setiap komentar akan dibalas.
Terimakasih.
EmoticonEmoticon